Jerman Baru Akan Gunakan Teknologi Garis Gawang 2015

Standard

tornetz_ball_389Bola Mania – Masih ingat gol Lampard pada perempat final Piala Dunia ke gawang Jerman? Tendangan keras Lampard dari luar kotak penalti saat itu dalam tayangan ulang sudah melewati garis gawang, namun wasit tidak mengesahkan gol dengan alasan tidak melihat bola telah melewati garis gawang. Pada akhir pertandingan, Inggris takluk 3-1.

Itu bukan kali pertama dan satu-satunya kontroversi mengenai bola yang telah melewati garis gawang atau tidak. Masih banyak kejadian serupa yang terjadi dalam pertandingan sepak bola.

Karena itu, mulai Piala Dunia 2014, otoritas sepak bola dunia, FIFA, akan menggunakan teknologi garis gawang. Teknologi ini disambungkan ke wasit, sehingga pengadil pertandingan langsung akan diberitahu jika bola sudah melewati gars gawang. Sehingga dengan demikian, kerugian-kergian tim akibat kelemahan wasit dapat dikurangi. Teknologi ini sendiri akan mulai dicoba pada Piala Konfederasi 2013.

Di liga-liga top dunia, teknologi garis gawang hingga kini belum digunakan satu pun. namun bisa jadi, mulai musim depan bakal ada liga-liga top di Eropa yang akan menggunakan teknologi ini.

Namun di Jerman, otoritas sepak bola negeri Hitler itu tela memastikan tidak akan menggunakan teknologi ini hingga Juli 2015. Itu artinya, untuk musim depan dan setengah musim lagi kompetisi 2015-2016, Jerman masih akan mengandalkan pengamatan manusiawi wasit untuk menentukan gol. Pengumuman bahwa Jerman tak akan menggunakan teknologin ini dalam waktu dekat disampaikan melalui laman resmi bundesliga.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s