Blog Archives

Apa yang Paling Banyak Dicari dan Menjadi Trend di Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter sepanjang 2012?

Status

keyword dan trend 2012Sejumlah raksasa internet dunia telah merilis apa yang menjadi trend atau yang paling hot dibicarakan/dicari sepanjang tahun 2012 ini. Banyak hal menarik jika kita simak data tersebut. Yang bukan semata keyword atau trend, tapi sebagai ingatan bersama akan peristiwa yang paling dicari atau dibicarakan pada suatu masa.

Artikel kali ini khusus menyajikan report dari Google, Facebook, Yahoo, Twitter, dan Bing untuk pencarian/hal yang paling hangat dibicarakan tahun ini.

Perbandingan Keyword Paling Dicari tingkat global tahun 2012

No Google Yahoo Bing
1 Whitney Houston Election iPhone 5
2 Gangnam Style iPhone 5 2012 elections
3 Hurricane Sandy Kim Kardashian 2012 Olympics
4 iPad 3 Kate Upton Hurricane Sandy
5 Diablo 3 Kate Middleton “Honey Boo Boo” reality show
6 Kate Middleton Whitney Houston “Gangnam Style” dance
7 Olympics 2012 Olympics KONY 2012
8 Amanda Todd Political polls Academy Awards
9 Michael Clarke Duncan Lindsay Lohan Kindle Fire HD
10 BBB12 Jennifer Lopez Facebook IPO

Tren Google 2012

Dari 1,2 trilion pencarian di 146 bahasa, review Google untuk trend pencarian 2012 menghasilkan data berikut ini.

Pencarian Terbanyak Dunia di Google Tahun 2012

  • “Whitney Houston” menjadi tren yang paling banyak dicari di Google. Di urutan kedua adalah “Gangnam Stryle” dan disusul “Hurricane Sandy”. Keyword “Whitney Houston” juga menjadi yang paling banyak dicari untuk pencarian kategori Orang dan kategori Artis. Sedang untuk atlet yang paling banyak dicari adalah “Jeremy Lin”, pebasket Houston Rockets.
  • Untuk google image, kata kunci yang paling banyak dicari adalah “One Direction” yang mengalahkan “Selena Gomez” di urutan kedua.
  • Untuk kategori Kejadian dengan trend pencarian tertinggi adalah Hurricane Sandy yang mengalahkan keyword “Kate Middleton Pictures Released” dan “Olympics 2012″.
  • Lalu untuk kategori film, “The Hunger Games” menjadi yang paling dibanyak dicari. Sedang untuk TV shows yang bercokol di puncak pencarian adalah “BBB12″.
  • Kemudian untuk kategori elektronik, “iPad 3″ menjadi rajanya trend pencarian dunia di Google 2012. Lalu untuk maskapai penerbangan disabet oleh Soutwest Airlines.
  • Sedang untuk video, “Gangnam Style” menjadi trend pencarian nomer satu di Google dunia. Dan untuk Google+ hashtags adalah #SOPA.

Pencarian Terbanyak di Indonesia di Google Tahun 2012

  • Tren pencarian tertinggi di google Indonesia dipegang oleh “Gangnam Style” di urutan pertama. Disusul “Noah” dan “Tomcat” di urutan kedua dan ketiga.
  • Untuk keyword kateori Orang dengan trend pencarian tertinggi adalah “Jokowi” (untuk orang Indonesia) dan “Whitney Houston: (untuk global). Lalu untuk musisi dengan tren pencarian tertinggi di google dipegang oleh “Noah”. Begitupun untuk kategori lagu Indonesia yang paling banyak dicari berasal dari grup musik tersebut, yaitu “Separuh Aku”.
  • Sementara untuk kategori telepon, “iPhone 5″ merupakan yang paling banyak dicari. Mengalahkan “Nexian” dan Nokia X2 di posisi kedua dan ketiga. Sedang untuk kategori mobil, Toyota Agya menjadi tren dengan traffic pencarian tertinggi. Dan untuk maskapai serta merek yang paling dicari di Google Indonesia adalah “Lion Air”. “Angry Birds” sendiri menjadi tren pencarian tertinggi di Indonesia untuk kategori game.
  • Sementara tim olahraga yang paling banyak dicari dikuasai oleh Persib bandung yang mengalahkan Manchester United dan Arsenal di urutan kedua dan ketiga.

Kilas Balik Yahoo 2012

Pencarian Yahoo tingkat dunia

  • Kata kunci “Elections” menjadi yang pencarian paling banyak di seluruh dunia di Yahoo. Keyword tersebut mengalahkan “iPhone 5″ dan “Kim Kardashian”.
  • Seperti di Google, untuk atlet yang paling dicari di Yahoo juga sama yaitu “Jeremy Lin”.
  • Untuk berita yang paling dicari Yahoo tahun 2012 adalaah “Election 2012″.
  • Sedang untuk hal yang paling banyak menarik perhatian (top obsession) di Yahoo adalah “iPhone 5″. Disusul “Political polls” dan “Mega Millions” di urutan kedua dan ketiga.

Paling dicari di yahoo Indonesia 2012

“Syahrini” menjadi keyword paling dicari di Yahoo Indonesia tahun 2012. Di urutan kedua adalah “Kristen Stewarts” dan di urutan ketiga “Nikita Mirzani”. Berturut-turut berikutnya adalah “Kim Kardashian”, “Dewi Perssik “, “Angelina Sondakh”, “Piala Eropa 2012″, “Sukhoi Superjet 100″, “Jokowi”, dan “Innocence of Muslims”.

Paling dicari di Bing 2012

  • “iPhone 5″ menjadi keyword paling banyak dicari di Bing 2012. Diikuti “2012 Elections” di urutan kedua dan “2012 Olympics” di urutan ketiga.
  • Sementara untuk kategori orang paling dicari di Bing adalah “Kim Kardhasian”. Disusul “Justin Bieber” dan “Miley Cyrus” di urutan kedua dan ketiga. Sedang untuk atlet, yang paling banyak dicari adalah “Peyton Manning, atlet NFL. Lalu, untuk kategori musisi, yang paling banyak dicari adalah “Justin Bieber”.
  • Untuk pencarian kategori social terbanyak di Bing dipegang oleh facebook, disusul twitter dan Myspace. Dan yang paling dicari untuk kategori produk elektronik adalah “iphone 5″ yang diikuti “iPad” dan “Samsung Galaxy S3″ di posisi kedua dan ketiga.
  • Lalu untuk film yang paling banyak diketik di Bing adalah “The Avengers”. Dan untuk acara TV-nya adalah “American Idol”. Sedang untuk lagu yang paling banyak diburu di Bing adalah “Gangnam Style” dari Psy.

Trend Facebook 2012

Di facebook, belum ada trend untuk Indonesia. Di bawah ini trend yang paling hot di Amerika Serikat (US).

  • Untuk kata yang paling banyak disebutkan di facebook sepanjang 2012 adalah TBH (to be honest). Disusul YOLO (you only live once) di urutan kedua.
  • “US Presidential Election” menjadi kejadian yang paling banyak dibicarakan di Facebook US.
  • Untuk lagu paling banyak didengar di Facebook adalah “We Are Young”. Untuk filmnya adalah “The Hunger Games”. Dan begitupun untuk buku yang paing banyak dibaca adalah “The Hunger Games (The Hunger Games, #1)”. Sedang untuk acara televisi adalah “Duck Dynasty”
  • Untuk kategori teknologi, Facebook menempatkan “Instagram” di urutan pertama. “Timeline” dan “Pinterest” berada di urutan dua dan tiga.
  • Untuk tempat yang paling banyak didatangi di Facebook US adalah “Times Square, New York”. Dan “Disneyland, California” berada di urutan kedua.
  • Untuk kategori olahraga, NY Giants berada di peringkat teratas trend Facebook Amerika.
  • Dan untuk kategori politik dan kategori publik figur dipegang orang yang sama yaitu “Barack Obama”. Begitupun untuk posisi kedua diduduki oleh orang yang sama yaitu “Mitt Romney”.

Tahun 2012 di Twitter

  • Untuk tweet paling banyak di-retweet sepanjang 2012 adalah tweet berbunyi “Four more years” dari Barack Obama. Tweet yang merupakan pengumuman kemenangan Obama dalam pemilu 2012 tersebut telah diretweet lebih dari 810 ribu kali dan dijadikan favorit sebanyak lebih dari 300 ribu kali.
  • #nowplaying menjadi hashtag paling populer di twitter 2012. Diikuti oleh hashtag #oomf (“one of my follower”).
  • Untuk kategori politik, hashtag #tcot (“top conservatives on Twitter”) berada di urutan pertama. Sedang di kategori olahraga, hashtag #nfl menjadi trend terdepan di Twitter. Diikuti hashtag #nascar di urutan kedua.
  • Untuk kategori televisi, “family guy” menjadi yang paling di-tweet. Sedang untuk kategori film, trend tweet-nya adalah “think like a man”. Dan untuk kategori musik, trend di twitter adalah “rick ross”. Untuk kategori makanan, “ihop” menjadi yang paling banyak di-tweet.
  • Untuk kategori teknologi, tweet paling banyak adalah at&t. Yang disusul “iphone” dan “instagram” di urutan dua dan tiga. Sedang untuk kategori negara, hashtag #syria menjadi trend tertinggi.

Dari sekian banyak trend dan yang paling banyak dicari di atas, ini bisa menjadi kajian berharga agar kita bisa memprediksi atau (jika mungkin) membuat trend yang bisa meledak di internet pada tahun 2013 nanti. Apa kira-kira hot keyword dan trend yang akan meledak di tahun 2013? sumber:http://www.jokosusilo.com/